Submit Sitemap Blog agar Terindex Bing dan Yahoo


Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya rasa ada baiknya kita perlu mengetahui apa yang dimaksud sitemap atau peta situs. Yang dimaksud sitemap disini adalah;

Peta sebuah situs atau blog yang berisi informasi mengenai url-url yang ada di situs atau blog tersebut. Sitemap ini selain berisi url-url juga berisi metadata, metadata disini berupa informasi mengenai kapan terakhir kali situs atau blog tersebut di update, seberapa sering update dilakukan, kapan waktu situs atau blog tersebut di update.

Fungsi sitemap sendiri adalah untuk menginformasikan url-url sebuah situs yang bisa di crawl (dijelajahi) oleh robot-robot search engine. Karena di dalam sitemap hanya terdiri dari url-url saja, robot-robot search engine pun akan mudah mengindex seluruh url-url (artikel, kategori, arsip, dll) yang ada di situs atau blog sobat. Namun apabila anda tidak menggunakan sitemap, maka robot-robot search engine akan menjelajahi situs atau blog anda per halaman, bisa anda bayangkan bila anda sudah mempunya berpuluh-puluh artikel bahkan ratusan artikel, situs atau blog anda akan sangat sulit di jelajahi dan sulit untuk terindex.

Pengiriman/submit sitemap ke Yahoo sebelumnya dilakukan dengan menggunakan Yahoo Site Explorer tetapi sejak tahun lalu tepatnya pada 21 Nop 2011 Yahoo! menyelesaikan transisi algoritma untuk Bing. Dimana Yahoo bergabung dengan Bing dan menggunakan Alat Webmaster Bing dengan kontrak kemitraan. Maka sejak saat itu dan seterusnya webmaster/kita blogger diminta untuk mengirimkan Sitemaps ke Bing untuk mendapatkan indeks Yahoo dan Bing. 
Dengan bergabungnya Yahoo dan Bing  ini, tugas kita menjadi lebih mudah, karena mengirimkan blog dan sitemap Anda cukup di Bing Webmaster Tool, Bing secara otomatis  akan memasukkannya di dua mesin pencari, yaitu Bing dan yahoo, termasuk juga MSN.
Bagaimana blog sobat, khususnya yang dibuat setelah tanggal 21 Nopember 2011 tersebut apakah sudah terindeks Yahoo dan Bing?  
Nah, dari uraian di atas pertanyaannya adalah bagaimana agar blog/situs kita terindeks kedua search engine, Yahoo dan Bing tersebut? Ya sudah pasti mengirim/mendaftarkan/submit blog kita dan kemudian mengirimkan sitemap nya ke Bing webmaster tool. Pada postingan terdahulu saya telah membuat artikel Cara mendaftarkan blog di Bing dan Yahoo maka sekarang sesuai judul artikel ini, maka kita akan membahas bagaimana caranya agar blog kita bisa terindeks oleh Yahoo dan Bing. 

Setelah blog kita terdaftar dan terverifikasi oleh Bing webmaster Tools, kita hanya tinggal mengirimkan sitemap blog kita ke Bing webmaster tools dengan cara mem ping nya. Jika kita mengikuti langkah-langkah di Bing webmaster Tools, saya sendiri agak kelabakan, dan sering error, apa sebab? Karena kita disuruh lagi membuat sitemap di sitemap generator, mungkin bagi blogger-blogger hebat dan bahasa Inggrisnya pinter, tidak jadi masalah, namun bagi saya, yang baru belajar ngeBlog adalah masalah besar. Jadi, hanya satu solusi praktis, dan jalan pintas.

Silahkan copy link di bawah ini ;
http://www.bing.com/webmaster/ping.aspx?siteMap=http%3A%2F%2Fcybercline.com%2Fatom.xml%3Fredirect%3Dfalse%26start-index%3D1%26max-results%3D500
Silahkan ganti kode berwarna merah dengan nama blog sobat. Kemudian masukkan ke address bar, terus enter, jika muncul tulisan "Thanks for submitting your sitemap" berarti submit sitemap blog sobat sudah sukses.


Cuma begitu doank... Ya cuma itu saja, dengan catatan, jumlah postingan sobat 500 atau kurang.

Catatan;
  • Tunggu kira-kira 5 hari sejak submit sitemap blog sobat untuk memeriksa apakah halaman posting sobat sudah terindeks Bing, blog ini saja dari 35 posting lebih, baru 17 yang diterima Bing, hehehe, gak tau alasannya kenapa.
  • Minimal postingan adalah 15 posting.
  • Jika lebih dari 5 hari tidak terindeks, ping ulang
  • Jika belum terindeks juga, hapus blog sobat dari Bing webmaster, kemudian submit blog lagi. Lalu ping lagi dengan menggunakan url di atas. 
  • Jika belum diindeks juga... berarti "Anda Belum Beruntung" hehehe

Selamat Mencoba. Salam Blogger. Di like yaaa...

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Situs Auto Visitors

Free Download | Warcraft 3 - Frozen Throne Maps | Naruto | Bleach | One piece | More ...

Cara Membuat Website Auto Like dan Comment Beranda dengan Blogger