Cara Membuat Password pada Folder Menggunakan Htaccess

Baru-baru ini, sempat terpikirkan oleh saya untuk mengamankan data folder yang ada di hosting tempat blog saya “menghirup udara”. Mungkin karena terlalu “vulgar” sehingga robot search enggine dengan mudah bisa menangkap isi dari folder tersebut. Dan orang-orang pun dengan mudah bisa mengintip isi folder tersebut dari hasil Searching yang diberikan oleh Search Enggine.
Kalo hanya sebatas informasi yang tidak berguna ok-lah data itu bisa diintip oleh orang lain tapi, lain cerita jika data tersebut merupakan data yang super privacy bangets (tuh aye tambahin s biar ketahuan banyak privacy.. hihi). Nah kalo sudah begitu salah satu caranya yaitu dengan memberikan password pada folder tersebut. Gimana keren gaK? ya kerenlah (yang bilang ga keren aye sumpahin jadi kucing..hihi canda ding).
Daripada takut aye sumpahin mending kita ikutin caranya seperti berikut ini.
01. Bismillahirrahmanirrahim..
02. Login deh dengan menggunakan user dan password ke hosting anda masing-masing.
03. Masuk ke folder dimana folder tersebut akan anda beri password. Pada contoh ini saya akan memposisikan pada folder wp-admin (/home/acil/public_html/blog/wp-admin), dimana folder ini adalah folder yang berisi halaman login untuk bisa memasuki dashboard dari administrator wordpress.
04. Buatlah 2 file baru dengan nama “.htaccess” dan “.htpasswd” (tanpa tanda kutip).
05. Masuklah ke http://www.tools.dynamicdrive.com/password/ , untuk mengeset dan meng-generate password anda.
06. Pada gambar dibawah ini, masukkan user dan password. Kemudian masukkan path direktori dari folder yang ingin anda protect. Jika hanya ingin memfilter beberapa file, masukkan nama file ke dalam kotak pada
point
 http://i691.photobucket.com/albums/vv278/adikcilak/generatepasswd.png
3). Klik submit.

07. Akan keluar konfigurasi untuk files .htaccess dan .htpasswd. Copy isi konfigurasi tersebut ke dalam file yang telah anda buat tadi.
 http://i691.photobucket.com/albums/vv278/adikcilak/generatedCode.png

08. Jika sudah, coba tes pada browser sesuai setingan anda. Kalau dalam contoh ini saya mengetik di address browser dengan: http://adikcilak.com/blog/wp-admin. hasilnya bisa anda dilihat pada gambar dibawah ini.
 http://i691.photobucket.com/albums/vv278/adikcilak/loginhtaccess.png

09. Berhasil bukan? Ohya jangan salah menempatkan script ini yah, bisa-bisa anda tidak bisa masuk ke halaman utama anda.  Praktes disini adalah hanya sebagai contoh pembelajaran saja. Silahkan diutak-atik di hosting kesayangan anda :) .
10. Eh bentar dulu.. gmn nih?? Ternyata disisi lain, aye sudah memamerkan privacy security untuk di acak-acak. Bisa jadi sasaran target dari orang-orang jahat nih :( aduhh.. T_T
11. Ahh gak papa deh, yang penting ilmu saya bisa saya sharing disini, dan saya lebih banyak peluang untuk bisa masuk Syurga.. Allahumma Amin.

sumber :http://blog.adikcilak.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Situs Auto Visitors

Free Download | Warcraft 3 - Frozen Throne Maps | Naruto | Bleach | One piece | More ...

Cara Membuat Website Auto Like dan Comment Beranda dengan Blogger