45 Teknik SEO Off-Page Untuk Mendatangkan Pengunjung

45 Teknik SEO Off-Page ~

Teknik Untuk Mendatangkan Pengunjung Ke Situs Anda

Ilmu Komputer SEO – Bagi anda yang menggeluti bisnis online atau afiliasi seperti Amazon, Adsense dsj tentunya faktor visitor / pengunjung merupakan faktor penting yang dijadikan sebagai indikator keberhasilan. Bagi mereka yang berbisnis program afiliasi Amazon dengan banyaknya pengunjung akan meningkatkan pembelian atau meningkatkan jumlah klik (bagi mereka yg bermain Adsense).
Begitu pentingnya faktor pengunjung situs mendorong bermunculannya banyak perusahaan online/offline yang menyediakan jasa mendatangkan visitor dengan cara-cara mereka sendiri walaupun cara tersebut bisa merupakan white-hat ataupun black-hat. Berikut ini adalah 45 Cara Mendatangkan Pengunjung ke Situs Anda dengan cara yang 100% white hat! Harap diingat, cara yang dijabarkan dibawah ini alangkah baiknya dilakukan secara rutin selama beberapa bulan dengan sedikit demi sedikit. Jangan terburu-buru atau terlalu bernafsu untuk mengumpulkan backlink  hingga akhirnya situs yang anda bangun dengan susah payah akan diamuk oleh algoritma Google Panda
Berikut ini adalah 45 Cara Mendatangkan Pengunjung Ke Situs Anda. Cara-cara dibawah ini adalah termasuk dalam teknik SEO Off-page . Untuk tulisan lengkap mengenai SEO On-page dapat anda baca pada tulisan 24 Faktor Menentukan Dalam SEO On-Page

ARTICLE DIRECTORY

Anda dapat melakukan hal ini secara rutin 3x seminggu atau dikombinasikan dengan teknik SEO off-page lainnya. Beberapa situs Article Directory ( memiliki link DoFollow ) yang paling terkenal antara lain:
www.ezinearticles.com
www.goarticles.com
www.isnare.com
www.articledashboard.com
www.sooperarticle.com
dan masih banyak lagi.
Anda juga dapat menggunakan layanan gratis yang dapat mengirimkan tulisan anda ke 15 direktori artikel secara otomatis melalui www.backlinkskingdom.com

Blogwalking

Pengertian Blogwalking adalah aktivitas menulis komentar pada blog orang lain dengan mencantumkan link balik ke situs kita. Akan lebih baiknya jika komentar yang kita tulis pada halaman tersebut berhubungan dengan topik yang anda tulis pada situs anda. Cara melakukan Blogwalking adalah sbb:
Ketikkan:  kata kunci anda site:blogspot.com (atau wordpress.com, .com, .edu dll). Misalnya: vga terbaik 2011 site:blogspot.com
Setelah masuk ke halaman yang dituju, hampir dipastikan blog tersebut akan memiliki jenis konten yang berhubungan dengan konten situs anda dan silakan komentari pada halaman blog tersebut dengan menyertakan link pada Anchor teks anda ditengah-tengah komentar atau pada bagian profil pemberi komentar.
Untuk memasukkan URL pada kolom komentar adalah <a href=”http:situsartikelanda.com”>KATA KUNCI ANDA</a>
Catatan: Banyak yang berpendapat dengan berkomentar pada blog yang NoFollow adalah sia-sia dan buang-buang waktu. Namun tahukah anda bahwa sebuah komentar dan link noFollow pun tetap dihitung oleh google :-) dan tetap berpotensi mendatangkan pengunjung. Bila dalam sehari dapat melakukan 10 kunjungan balik itu sudah lumayan dan bila anda jeli memperhatikan secara seksama ranking  situs anda pada halaman search engine setiap hari, situs yang berpotensi naik peringkat secara perlahan adalah situs yang memiliki visitor yang alami dan teratur setiap harinya! Dan sebagai permulaan, anda dapat memulainya melalui blog commenting ini.

Yahoo Answers

Melalui Yahoo Answers anda menjawab pertanyaan orang lain, dan menyertakan link pada situs anda. Cara ini terbukti sangat efektif mendatangkan pengunjung. Karena tidak sedikit halaman search engine memberi porsi yang sedikit khusus pada Yahoo Answers ini. Banyak topik pertanyaan yang menduduki posisi halaman pertama pada Search Engine! Dengan menyertakan link, setidaknya anda telah mendapatkan 1 kunjungan balik dari pembuat tread (si penanya). Hanya sayangnya, anda harus memiliki sejumlah poin tertentu agar link yang anda sertakan dapat aktif.

Forum

Anda dapat memiliki beberapa akun pada forum-forum besar seperti Kaskus, forumdetik, kompasforum, indowebster. Dengan menyertakan satu link pada komentar anda pada tread (topik) yang ditulis oleh orang lain, peluang untuk mendapatkan kunjungan balik adalah 1:5 per komentar :-) Hanya saja, pastikan jangan sampai fokus pada teknik ini, karena dengan banjirnya pengunjung dari situs yang sama secara jangka panjang akan membawa hasil yang kurang baik untuk situs anda maupun akun Google Adsense anda. Namun sebaliknya akan sangat menguntungkan bagi para pemilik toko online khususnya. :-)

Forum Topic

Cara ini hampir sama dengan trik diatas, perbedaannya adalah bahwa anda menulis sebuah topik (tread) dengan menyertakan sebuah link sumber yang tertuju ke situs anda. Trik ini bila dipraktekkan pada situs-situs forum terbesar di indonesia seperti kaskus, detik, kompas, indowebster akan membawa dampak kunjungan balik yang besar. Silakan buktikan! :-)

Press Release

Press release adalah situs berita terhangat. Umumnya sangat sulit untuk menulis berita disini karena tulisan yang anda tulis harus benar-benar orisinil dan unik. Bila artikel anda disetujui maka anda bisa menikmati hasilnya! Beberapa situs artikel press release yang dapat anda coba antara lain:
  • ignews.biz
  • transworldnews.com
  • www.prweb.com
  • freepressrelease.com.au
  • webnewswire.com
  • newsreleaser.com
  • pressexposure.com
  • healthprspider.com
  • information-online.com
dan banyak lagi..

Iklan

Cara ini dapat berguna bagi mereka yang bermain bisnis online seperti penjualan produk, jasa dsb melalui iklan baris. Untuk jumlah iklan baris yang terdapat pada internet sangat lah banyak. Dengan mengetikkan kata kunci iklan baris pada google anda dapat segera menemukannya. :-)
Untuk situs luar, anda juga dapat mengiklankan situs anda pada www.craiglist.com

Testimoni

Testimoni adalah bentuk pendapat baik positif maupun negatif pada suatu halaman, produk atau profil tertentu. Anda dapat melakukan hal ini pada situs-situs penjualan besar dengan menyertakan link balik pada situs anda. Bila penjelasan anda bagus dan meyakinkan akan memperbesar peluang link anda diklik pula oleh pembaca testimoni.

Direktori Blog

Daftarkan blog anda pada direktori blog seperti www.blogcatalog.com, www.mybloglog.com, www.technorati.com dll. Anda juga dapat mendaftarkan blog anda ke direktori blog diinternet yang berjumlah ribuan. Untuk mempermudah anda dapat menggunakan software submitter gratis yang terdapat pada www.fastblogfinder.com

Search Engine Submission

Daftarkan blog atau situs anda pada mesin pencari diinternet yang jumlahnya ratusan hingga ribuan selain google. Untuk melakukan hal ini anda dapat mencoba salah satu software bernama Internet Bussiness Promoter atau cara manual melalui: www.addurl.com, www.freewebsubmission.com dan banyak lagi. Pastikan anda mendaftarkan situs / blog anda pada 3 mesin pencari terbesar: Google, Bing, Yahoo.

Optimasi Artikel

Optimasikan seluruh elemen pada setiap artikel anda agar menjadi search engine friendly atau robot engine friendly. Untuk penjelasan lengkap cara melakukan optimasi artikel anda dapat membaca tulisan: 24 Faktor Menentukan Dalam SEO On-Page

Email Link

Anda dapat menyertakan Link menuju situs anda pada setiap email yang anda kirimkan, kepada siapapun. Tapi pastikan anda tidak melakukan spam dengan mengirimkan email massal, karena akan merugikan situs anda pada peringkat search engine.

Optimasi Halaman 404

Halaman 404 adalah pesan yang muncul apabila hasil pencarian atau halaman yang berhubungan tidak ditemukan. Anda dapat melakukan re-direct (menghubungkan) nya secara otomatis ke halaman lain atau halaman utama. Untuk melakukan hal ini, anda dapat menggunakan bantuan plugin wordpress atau cara manual. Untuk pembahasan yang lebih lengkap mengenai cara ini, akan dibahas pada artikel lainnya.

Iklan PPC

Bagi situs baru yang hanya berumur beberapa hari atau minggu, cara termudah untuk mendapatkan pengunjung adalah dengan beriklan PPC/adword pada google. Tentunya hal ini tidak gratis! :-) Setelah mendaftarkan situs anda, maka situs anda akan ditampilkan pada halaman situs lain atau bahkan langsung pada halaman pertama di google (pada kotak tersendiri).

Bookmark This Site

Tambahkan kata “Bookmark this Site” pada halaman utama situs anda. Anda dapat memberi petunjuk mengenai cara bookmark. “tekan CTRL+B pada keyboard”

Plugin Sociable

Tambahkan plugin yang mampu meneruskan artikel anda pada teman mereka seperti yang dapat dilakukan pada plugin Sociable. Plugin ini dapat meneruskan artikel anda pada situs-situs social bookmarking ataupun meng-email nya

Ezine Articles

Ezine Articles merupakan situs artikel. Sama seperti yang disebutkan di point no.1 pada tulisan ini. Hanya saja anda harus memberi porsi tersendiri untuk www.ezinearticles.com. :-)   Karena setiap tulisan berikut link anda yang dimuat disana langsung mendapat status PR6! dengan jumlah kunjungan visitor yang stabil setiap harinya. Hanya saja, anda harus sedikit bekerja keras agar artikel anda dapat diterbitkan pada ezine articles karena bagi orang yang pas-pasan bahasa inggrisnya akan sulit mendapati artikelnya diterima disana karena staff mereka melakukan pengecheckan secara manual.

Link Viral

Trik ini sangat efektif untuk mendatangkan klik ke situs anda. Namun sehubungan dengan adanya update pada algoritma google di tahun 2012 ini, maka teknik yang dikategorikan sebagai Link Farm ini tidak terlalu efektif lagi digunakan karena akan sedikit merugikan posisi blog anda di search engine. ( bagian terakhir artikel yang diedit! )

Ebook, Report, Tutorial Gratis

Anda bisa membagikan ebook, tutorial, tulisan dsb serta membagikannya kepada orang lain untuk didownload. Sebelumnya cantumkan juga link aktif pada ebook tersebut. Anda juga dapat menjadikan setiap artikel pada situs anda menjadi pdf. Mengenai hal ini akan dibahas pada tulisan lainnya.

RSS Feed

RSS adalah semacam berita update yang bisa dibaca oleh pengunjung situs yang telah berlangganan sebelumnya. Bagi para pengunjung yang mendaftarkan email mereka akan secara berkala mendapatkan update setiap kali terdapat artikel baru yang diposting. Untuk mengaktifkan fitur “Berlangganan RSS Feed” dapat dilakukan dengan mendaftarkan situs anda pada feeds.feedburner.com. Setelah selesai mendaftar, anda akan mendapatkan sebuah link RSS anda.
Langkah berikutnya, anda dapat mendaftarkan link tersebut pada situs-situs RSS Directory. Untuk menghemat waktu anda, dapat dilakukan dengan bantuan fitur pengirim RSS yang terdapat pada www.bulkping.com atau imtalk.org

Web Submission

Anda dapat mengirimkan situs anda pada direktori yang berhubungan dengan topik situs anda. Fitur ini terdapat pada www.imtalk.org

Tukar Banner / Link

Bila blog anda masih berumur baru, trik tukar menukar banner dapat menjadi salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung. Prinsipnya adalah anda memasangkan banner situs orang lain dengan link anda yang juga terpasang pada situs orang lain.

Software Gratis

Bagi anda yang memiliki keterampilan membuat program dapat membuat program / software unik yang dibagikan secara cuma-cuma pada komunitas diforum dengan mencantumkan link yang bertuliskan update atau sejenisnya yang tertuju pada situs anda.

Domain Addon

Bila situs anda sudah mulai besar tidak ada salahnya anda membeli domain cadangan yang di redirect otomatis ke domain utama anda. Anda dapat membeli domain yang memiliki nama yang mirip, atau kesalahan eja dsj, seperti: backlinkskingdom.com .Dapat juga turut membeli backlinkkingdom.com, .net .info dsj.

Domain Addon Khusus

Berikut adalah salah satu trik yang dipraktekkan oleh pemilik situs-situs besar. Singkatnya anda membeli nama domain baru dari nama kata kunci (niche) anda yang memiliki statistik pengunjung paling banyak. Sehingga anda membangun sebuah situs lagi yang nantinya akan terhubung satu sama lain dengan situs utama anda.

Kartu Nama

Bila anda memiliki toko online atau jasa online yang dijalankan secara bersamaan dengan kegiatan offline adalah hal yang wajar apabila anda memilki kartu nama bisnis anda sendiri. Sertakan link menuju situs anda. Selain dapat membuat bisnis anda terkesan profesional juga berpotensi untuk menambah pengunjung ke situs anda.

Program Afiliasi

Bila anda termasuk orang yang mampu menciptakan produk sendiri seperti ebook, software, dsj. Anda dapat mencoba memulai bisnis afiliasi anda sendiri. Secara sederhana, program afiliasi dapat dijelaskan sebagai metode untuk memaksimalkan orang lain untuk berjualan produk kita. Sehingga secara otomatis setiap penjualan yang dilakukan oleh orang lain tersebut akan menjadi keuntungan anda dengan membagikan sedikit komisi atau dalam jumlah tertentu orang yang menjualkan. Bila anda ingin mencoba menjualkan produk berupa ebook anda sendiri, salah satu situs terkenal diantaranya adalah www.clickbank.com. Lalu darimanakah anda akan mendapatkan traffic? Ada 2 sumber; yaitu dari link yang terdapat pada clickbank dan didalam ebook yang anda tulis.

Social Bookmarking

Social Bookmarking adalah metode yang banyak digunakan oleh internet marketer dunia, baik pemula maupun lanjut. Umumnya bagi situs-situs yang masih berumur seminggu atau kurang. Sangat disarankan melakukan posting tulisannya pada social bookmarking. Hal ini akan membuat situs anda terindeks lebih cepat kedalam search engine karena robot mesin pencari melakukan crawling secara berkala pada situs-situs social book marking seperti Digg, Redit, Delicious dll.
Untuk melakukan submit ke 50+ situs social bookmarking secara cepat dapat melalui www.onlywire.com atau www.ping.fm

Video Marketing

Bila anda membangun kata kunci anda pada video youtube, akan sangat mudah untuk mendapatkan pengunjung. Optimasikan video youtube anda sesuai dengan kata kunci yang anda bidik berikut tautan menuju ke halaman situs anda.
28. Submit a viral video to www.YouTube.com

Newsletter

Buat tulisan sekitar 30 tulisan untuk dikirimkan kepada pengunjung yang melakukan pendaftaran atau berlangganan newsletter. Untuk cara yang lebih detil mengenai hal ini akan ditulis pada artikel lainnya.

Auto Responder

Aktifkan fitur email auto responder situs anda. Bila anda membangun toko online, hal ini sangat diwajibkan karena kemungkinan besar calon pembeli akan melakukan kontak dengan anda sebelum memutuskan untuk membeli, baik melalui email maupun ponsel. Fungsi utama dari email ini adalah untuk melakukan follow up kepada calon pembeli anda, apabila anda memiliki kesibukan pada jangka waktu tertentu yang tidak memungkinkan bagi anda untuk melakukan aktivitas online, seperti hari raya, sedang sakit dll. Dan pada umumnya, dalam email autoresponder telah terdapat link balik menuju kesitus anda.

Iklan

Belilah iklan atau space banner pada situs lainnya. Hal ini sangat umum digunakan para internet marketer atau para pebisnis online. Sebelumnya pastikan bahwa anda membeli space pada situs yang telah memiliki page rank yang minimal 2-3. Karena hal ini akan membantu menaikkan peringkat situs anda juga. Pada umumnya situs-situs informasi yang memiliki PR tinggi telah mempunyai pengunjung tetap.

Negosiasi

Inbound Link yang paling berkualitas adalah berasal dari artikel situs lain yang telah memiliki PageRank tinggi dimana tautan situs anda ikut disertakan didalam tulisan tersebut. Hal ini tentunya akan banyak mendatangkan pengunjung dari situs tersebut ke situs anda. Selain itu hal ini akan memiliki dampak baik terhadap peringkat / Page Rank situs anda. Untuk melakukan hal ini memang tidak mudah. Untuk melakukan hal ini ada 1 trik yang dapat diupayakan:
pertama, anda harus mengirimkan surat penawaran secara manual kepada admin situs tersebut untuk melakukan pertukaran artikel berkualitas pada masing-masing situs. Tentunya anda harus dapat meyakinkan admin tersebut bahwa anda memang memiliki kapasitas untuk itu (bila anda memiliki salah satu blog ber-page rank akan lebih mudah).  Setelah pihak admin menyetujui, maka anda dapat mulai menulis artikel unik dengan panjang 400-750 kata dengan menyertakan satu atau dua link yang tertuju pada situs anda. Sama hal nya dengan sipemilik situs.

Facebook Fan Page

Buatlah sebuah facebook fan page dan kumpulkan LIKE setiap harinya. Dengan memiliki banyak fans, maka akan meningkatkan pengunjung tetap ke situs anda secara berkala. Mengenai cara untuk menambah LIKE secara berkesinambungan akan dibahas pada tulisan lainnya.

Jual Link

Anda dapat menjual space kosong pada halaman website anda pada situs pelelangan/ penjualan seperti www.ebay.com. Umumnya untuk melakukan hal ini situs anda harus memiliki peringkat Page Rank terlebih dahulu. Dengan memasangkan iklan pada ebay, akan menambah peluang traffic yang datang dari situs tersebut.

Recripocal Links

Prinsipnya sama seperti tukar menukar banner link dengan website lain, namun pada Recripocal Links, anda bertukar link dengan website lain dalam bentuk blogroll dsj.

Link Wheel Blogs

Pengertian Link Wheel Blogs adalah menciptakan blog-blog lainnya yang semuanya terhubung dengan situs utama. Lalu masing-masing dari blog tersebut juga dihubungkan satu sama lainnya. Strategi ini disebut juga teknik link wheel. Teknik ini banyak digunakan para pakar SEO untuk memperkuat posisi situs utamanya.

Amazon Testimonial

Amazon adalah situs penjualan terbesar saat ini, anda dapat melakukan blog commenting pada bagian testimonial terhadap produk tertentu dan menyertakan link yang berhubungan menuju ke situs anda.

Squidoo

Buatlah akun squidoo kemudian tulis dan optimasikan artikel anda pada halaman tersebut. Melalui squidoo anda dapat menyertakan link menuju ke situs anda serta dapat memasangkan kode adsense / link afiliasi amazon pada halaman tersebut.

Auto Traffic

Cara kerja Auto Traffic adalah mendaftarkan situs anda pada salah satu situs penyedia auto traffic seperti www.autosurfpro.com, www.extreamsurf.com dsb. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan browse otomatis terhadap situs milik orang lain dengan jasa kunjungan balik yang sama atau dengan perbandingan 2:1. Teknik ini cukup berbahaya bila dilakukan secara berlebihan dan berkesinambungan. Apabila dilakukan  dengan porsi yang tidak berlebihan, teknik ini cukup membantu website anda mendapatkan traffic tambahan. Namun sekali lagi untuk tidak 100% berfokus kepada auto traffic karena dapat membahayakan akun adsense anda.

Product Signature

Bagi anda yang menekuni bisnis online atau produk sendiri dapat memberi sedikit signature pada label produk anda dengan turut menyertai alamat situs anda pada label tersebut.

Email Marketing

Anda dapat menggunakan strategi ini bila anda menjual jasa kepada orang lain. Caranya adalah mengumpulkan email target calon konsumen anda berupa surat penawaran atau proposal dsj dengan menyertakan alamat situs anda.

Paid to Review

Selain menggunakan adwords sebagai salah satu cara untuk menaikkan jumlah pengunjung ke situs anda, cara lainnya yang juga efektif adalah dengan mendaftarkan situs anda pada layanan Paid-To-Review (PTR). Situs yang didaftarkan pada program PTR memiliki keuntungan tersendiri karena situs-situs lain yang terdaftar di jaringan PTR tersebut akan menuliskan artikel untuk anda yang kemudian akan dimasukkan ke halaman situs mereka yang rata-rata memiliki Page Rank 3.

Blackberry Messenger

Promosi lainnya yang juga efektif untuk menambah jumlah pengunjung ke situs anda secara berkala adalah melalui Blackberry! Sebagai pengguna blackberry anda tentunya tahu tentang Broadcast bukan? Dengan meletakkan deskripsi artikel anda dengan disisipi link menuju situs anda, akan cukup berpotensi menambah sedikit traffic secara berkala ke situs anda, terlebih jika anda memiliki banyak kontak pada blackberry anda, silakan buktikan!  :-)

Situs Foto

Promosi lainnya yang berpotensi untuk mendatangkan visitor ke situs anda adalah melalui situs-situs album foto seperti pinterest, picassa, flickr dsb. Semua situs tersebut memiliki pengunjung tetap mencapai puluhan ribu per-harinya. Dengan membuat akun pada situs tersebut lalu mengupload foto-foto menarik (lebih baik yang berhubungan), serta menyertakan link balik ke situs akan berpotensi menambah jumlah pengunjung ke situs anda.
Demikian dijelaskan 45 cara untuk menaikkan traffic ke situs anda. Selamat Mencoba!

Credit :  Ilmu Komputer

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Situs Auto Visitors

Free Download | Warcraft 3 - Frozen Throne Maps | Naruto | Bleach | One piece | More ...

Cara Membuat Website Auto Like dan Comment Beranda dengan Blogger